Kamis, 26 Januari 2012

Kuburan Massal Viking Ditemukan di Inggris


Para pejuang Viking yang hendak menjajah ini dikalahkan kaum Anglo Saxon. Tulang belulang Viking yang dimutilasi dikuburkan bersama tengkoraknya yang dipenggal.
Kuburan massal ini terdiri dari 54 kerangka Viking yang hendak menjajah kaum Anglo-Saxon Inggris. Kuburan ditemukan pada 2009, oleh para pekerja yang menggali untuk membangun jalan.

Arkeolog memperkirakan, seperti dilansir Daily Mail, tulang-tulang ini berasal dari tahun ke-1.000 masehi. Temuan ini belum dipublikasikan karena mereka masih mengumpulkan sejumlah informasi.
Namun kini, periset di Cambridge University telah menyatukan kepingan-kepingan cerita yang malam ini akan diputar screening-nya.
Riset Dr Britt Baillie menunjukkan, tulang belulang ini adalah pasukan pemburu yang didirikan Raja Norse, Harald Bluetooht. Si raja ini berulangkali menyerang pesisir selatan Inggris.
Mereka dikenal sebagai Jomsviking, nama yang diambil dari daerah kekuasaan mereka, Jomsbord di pesisir Baltik. Saat itu, bangsa Viking ditakuti di seluruh Eropa.
Sedangkan tulang belulang ini, para pria yang berusia 20-an dan disergap oleh penduduk desa Anglo-Saxon.
Mereka dipermalukan, disuruh membuka bajunya. Kemudian dikumpulkan dan dipengal dengan senjatanya sendiri. Tubuh mereka kemudian dibuang ke sebuah parit.
Baillie yakin, insiden ini terjadi para masa kepemimpinan Aethelred the Unready di Inggris yang memerintah pada 968-1016.
Buktinya terdapat pada catatang istri sang raja, Ratu Emma, yang membukukan serangan Viking pembunuh di Inggris.
“Catatan Emma menghubungkan Jomsviking kepada Inggris, tepat pada masa itu,” ujarnya. Disebutkan pula seorang pemimpin Viking yang ditakuti, Thorkel the Tall.

Sumber : http://web.inilah.com/read/detail/1823083/kuburan-massal-viking-ditemukan-di-inggris
Reaksi: