Rabu, 29 Februari 2012

Kenapa Harus Sebut Mereknya???

sumber gambar : http://www.aqua.com

Judul di atas cukup membuat yang membaca ini bertanya-tanya apa maksudnya.
Sedikit cerita tentang fenomena di masyarakat tentang penyebutan nama benda-benda berdasarkan merek produknya bukan berdasarkan nama barangnya.
Kalau diperhatikan memang cukup menggelikan, tapi bagaimana pun juga itu sudah menjadi kebiasaan.

Berikut mungkin sebagaian dari fenomena tersebut.

1. Aqua

sumber gambar : http://www.lottemart.co.id

Semua pasti tahu produk ini kan? Aqua merupakan nama produk air mineral yang cukup laku keras di pasaran. Mulai dari anak-anak sampai lanjut usia pun pernah minum air mineral dengan merek ini.
Tetapi yang menjadi pertanyaan, kenapa semua air mineral yang walaupun mereknya bukan aqua, pasti disebut aqua. Sekarang semakin marak air mineral dengan berbagai merek, tetapi banyak sekali masyarakat di luar sana masih saja menyebut air mineral itu sebagai aqua, walaupun sudah terpapar jelas nama mereknya.

2. Sanyo

sumber gambar : http://www.topbgt.com

Sanyo, merupakan salah satu nama dari produk pompa air yang sangat mudah kita temui di toko-toko terdekat. Seperti halnya aqua, sanyo pun menjadi salah satu merek yang selalu di sebut-sebut, walaupun merek dari pompa air yang digunakan di masyarakat bukan bermerek sanyo, pasti mereka tetap saja menyebutnya sanyo.

Seperti contoh :

Ibu : Nak, tolong hidupkan sanyo nya.
Anak : Iya bu nanti tak hidupkan sanyo nya.

Padahal belum tentu merek pompa air mereka bermerek sanyo.

3. Rexona

sumber gambar : http://www.ioffer.com

Salah satu merek deodoran ternama yang mungkin tidak asing lagi, rexona. Pasti sobat reader tahu kan merek ini. Sering sekali ditemukan fenomena di masyarakat tentang ini. Banyak dari mereka yang menyebut deodoran dari berbagai merek dengan sebutan rexona, padahal rexona itu sendiri sudah berbeda lagi mereknya.

>>>

Mungkin sekelumit cerita ini dapat membuat sobat reader menjadi lebih kritis lagi ketika menemukan suatu fenomena di kalangan masyarakat luas. Dan mungkin masih banyak lagi fenomena yang belum terjamah oleh tim redaksi Pojokers.




.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online