Rabu, 29 Februari 2012

Loading Lama? Kenapa?

sumber gambar : http://www.wakenplay.com

Mungkin kawan-kawan yang sering blogwalking tentunya sering menemui sebuah blog yang membutuhkan waktu lama untuk sekali loading, hal seperti itu tentunya akan membuat kita merasa jenuh menunggunya, lalu kita akan meninggalkan blog tersebut, padahal konten atau isi blog tersebut sangatlah menarik. Dari pengalaman pribadi juga tulisan ini dibuat, apa apa saja yang memungkinkan blog atau situs menjadi berat ketika loading.

Berikut pemaparannya.

1. Ukuran gambar

sumber gambar : http://en.wikipedia.org

Tentunya hampir semua blog mempunyai sebuah gambar ilustrasi untuk menggambarkan isi dari sebuah artikel atau tulisan, ukuran gambar ini pun dapat menyebabkan berat dalam loading.
Ukuran gambar ketika memasukan gambar sebaiknya memilih ukuran Medium atau lebih kecil lagi, agar proses loading tidak berat dan membosankan untuk ditunggu.

2. Banner bertipe flash

sumber gambar : http://www.bsigroup.com/

Sering juga kita menemui sebuah blog yang mempunyai banyak sekali flash banner, memang dengan pemasangan flash banner akan membuat blog menjadi lebih hidup dan tidak membosankan, tetapi jika flash banner itu sendiri berlebihan, itu justru membuat loading menjadi lama. Dan tentunya para pengunjung yang mau mampir pasti akan kabur terlebih dahulu tanpa sempat membaca tulisan di blog tersebut.

3. Efek yang berlebihan


Efek yang dimaksud disini seperi Address Bar yang berjalan, Pesan Ketika Masuk, dan lainnya. Ini tentunya sangat berpengaruh terhadap berat tidak nya loading suatu blog, alangkah baiknya jika efek-efek yang berlebihan tersebut dikurangi dan lebih memprioritasikan kenyamanan daripada tampilan.

4. Isi beranda


Yang dimaksud disini adalah jumlah postingan dalam Home atau Beranda. Cukup dikasih maksimal 7, lebih sedikit lebih baik, asal harus diberi arsip postnya agar memudahkan pembaca dalam mencari artikel yang dibutuhkan.

5. Widget bertipe flash

sumber gambar : http://www.thewwwblog.com/

Flash widget pun juga memberi dampak besar dalam menentukan berat ringannya loading, flash widget yang dimaksud ialah seperti shoutmix, blogup, dan sejenisnya. Alangkah bijak kalau meminimalisir penggunaan flash widget.

>>>

Mungkin tadi sedikit info yang saya peroleh dari pengalaman pribadi. Karena apa yang saya sebut di atas dulu sudah pernah terjadi di blog ini. Dan mungkin saja blog ini sekarang juga masih berat dalam sistem loadingnya.
Semoga bermanfaat.




.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online