Rabu, 03 Oktober 2012

Pentingnya sebuah Nasihat

sumber gambar : http://www.desibucket.com

Nasihat, apa sih nasihat itu? Kalo menurutku nasihat itu adalah sebuah masukan, kritikan yang sifatnya membangun, bisa dari orang tua, sahabat, saudara, bahkan rekan kerja. Di artikel ini penulis hanya sedikit memberi sebuah tulisan, mungkin tulisan ini dapat bermanfaat. Penitngnya sebuah nasihat dalam membangun sebuah perjalanan hidup dan bagaimana dia menjalankannya. Terkadang banyak orang yang mengabaikan sebuah nasihat gara-gara hatinya tertutup ego yang tinggi.

Dan pastinya ketika kita mengabaikan sebuah nasihat dan pada akhirnya kita terjatuh pasti hanya ada penyesalan tak berguna. Beberapa manfaat dan pentingnya sebuah nasihat.

1. Pengarah

Point satu ini biasanya sering terjadi antara anak dan orang tua, sering kali dalam kehidupan keluarga terdapat sebuah masalah pada anak. Bisa masalah prinsip, cita-cita, dan bahkan pendamping hidup. Biasanya disini nasihat orang tua akan menjadi sebuah petunjuk arah mau kemana hidup kita berjalan, ke kanan ataukah ke kiri. Kenapa nasihat dari orang tua bisa jadi petunjuk arah? Karena memang kedua orang tua lah yang tahu kita, watak, kegemaran, sikap dan lain sebagainya. Jadi tak sangatlah mungkin jika nasihat kedua orang tua menjadi sebuah petunjuk arah.

2. Solusi

Kalau dari pemikiran penulis, point kedua ini sering terjadi antara sahabat dan sahabat. Terlebih lagi jika seorang anak yang jauh dari orang tua atau perantauan, pasti akan banyak menemui masalah-masalah yang butuh solusi cepat dan tanggap. Bisa masalah pekerjaan, pendidikan, dan sebuah pilihan sulit. Karena memang sebuah sahabat yang mempunyai hubungan kepedulian yang kuat maka mereka dapat tahu apa yang kita butuhkan.

3. Petuah

Pada point ketiga ini sering terjadi antara guru dengan murid atau dosen dengan mahasiswa. Seorang guru maupun dosen akan tahu dengan pasti tentang masalah kita, terlebih lagi jika masalah itu tentang akademik. Karena memang seorang guru maupun dosen akan menajadi orang tua kedua kita ketika sedang berada di tempat pendidikan, seperti sekolah dan kampus. Sebuah petuah dari guru maupun dosen akan menjadi sebuah memori yang akan menghantarkan ke sebuah keadaan yang lebih baik di bidang pendidikan maupun kehidupan.

4. Penyemangat

Point 4 ini sering terjadi antara bos dengan karyawan. Terkadang ketika seorang karyawan atau pekerja yang sudah mulai jenuh dengan pekerjaannya, pasti seorang bos akan memberikan sebuah nasihat yang sifatnya mengembalikan semangat yang sudah kendor. Hal seperti ini juga sering terjadi di sebuah organisasi.

 Demikian empat point yang sekiranya dapat memberikan info lebih bagi sobat-sobat yang membutuhkan. Nasihat itu penting kawan, jangan sekali-kali menyia-nyiakannya.




.
Reaksi:

2 komentar:

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online