Jumat, 30 November 2012

6450 Virus Terdeteksi...!


6450 threat detected, kurang lebih seperti itu kata-kata yang muncul pagi tadi. Ngomong-ngomong itu virus apa orang demo? #nyengir.
Sekitar 3 hari yang lalu, ane dibuat galau, bingung, bimbang, sampai hampir frustasi. Begini ceritanya.
Malam itu aku colok sebuah modem untuk internetan, lalu aku buka software speedyfox (biar cepet gitu), lalu muncul firefox dan mulai browsing-browsing dan browsing. Tak lama setelah itu, internet sama lepi ane matiin, eh tiba-tiba muncul kotak error Don't Send. Diabaikan saja kotak tersebut. Paginya lepi pun idup lagi, buka aimp3 player error, buka firefox error, buka notepad pun error. Lalu ane coba buka firewall, ikon pojok kanan bawah, eh error juga, dan hampir semua menu di control panel error.
Pusing bukan kepalang,
Langsung mikir yang aneh-aneh. Lalu ane coba scan pake salah satu antivirus lokal, tulisannya sih "komputer anda baik-baik saja".Tetap juga error, dan 2 malam yang lalu satu malam full ane instal ulang lepi nyampe 5 kali, tapi hasilnya pun masih nihil. Apa yang sebenarnya terjadi???
Lalu ane dateng langsung ke mbah google dan nyari apa yang terjadi, katanya eh katanya sih kena salah satu virus berbahaya Win32/Sality. Kata para sumber virus ini kebanyakan menyerang file yang berekstensi .exe serta registry-registry. Lalu ketemu sebuah obat, namanya Sality Killer, kalau penasaran dengan obat ini, cari di google pasti nemu. Langsung deh di coba, alhasil Sality pun terdeteksi, tapi kenapa masih ada kotak error Don't Send.

Bingung bukan kepalang, besok malamnya saya coba instal ulang lagi sebanyak 3 kali dan diselingi dengan Sality Killer, tapi hasilpun masih kurang memuasakan, lalu ane coba googling lagi, dan ada sebuah blog yang berisi tentang perbandingan beberapa anti virus dan isinya lumayan Wooow!!!. Setelah itu saya mencoba download sebuah antivirus yang Bernama AVG. Lumayan familiar, setelah proses scan selesai, walaupun AVG edisi 2009, tapi dapat mendeteksi lebih dari 300 virus yang ada di lepi ane, 300??? Masih wajar. Ternyata eh ternyata error pun kadang-kadang masih sering terjadi. Lalu langsung tak update AVG tadi dengan database pualing baru, lalu discan lagi selama hampir kurang 7 jam. Kaget bukan kepalang, lebih dari 6000 virus terdeteksi dan hampir 85% file-file serta instalan terinfeksi. Dari ke 6000 virus tersebut sebenarnya virus Sality hampir bisa dibilang tidak ada, karena kebanyakan adalah trojan dan jenis win32 yang lain. Kereeen...!!! Itu kena virus apa sarang virus??? #ngakak. Lalu ane bertanya-tanya, apa jangan-jangan ini virus sudah ada di lepi semenjak ribuan tahun lamanya??? tak ada yang tahu. Dari kejadian itu, ane mulai was-was dan selalu siap sedia sebuan antivirus yang uptodate.  Ternyata segerombolan virus dapat membuat seseorang galau.
Selalu waspadalah kawan!

Menurut beberapa sumber, virus bisa sampai sebanyak itu karena beberapa faktor antaranya :

1. Antivirus Jarang Update

Jelas! Jika jarang update, pasti kemampuan mengenali virus pun akan semakin lemah.

2. Cabut Colok Flashdisk sembarangan

Semakin banyak flashdisk asing yang cabut colok, semakin banyak ancaman untuk PC maupun lepi.

3. Buka-buka situs sembarangan

Ini juga bisa menjadi penyebab, karena mungkin ada beberapa situs web yang menjadi tempat singgah virus.

4. Sifat Pembiaran

Yang dimaksud di sini adalah sifat masa bodo, jika lepi maupun komputer bunyi karena mendeteksi vvirus malah malu dan dibiarkan saja, gimana enggak numpuk tu virus.

Demikian tadi sedikit celotehan, semoga dapat membantu sobat-sobat, dan dapat menumbuhkan rasa kewaspadaan.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online