Kamis, 30 Mei 2013

Dampak Bermalas-malasan Pada Kalangan Mahasiswa

sumber gambar : http://cassettemusique.blogspot.com

Pada tulisan kali ini akan membahas sedikit tentang sifat Malas, yang dikhususkan pada kalangan Mahasiswa. Malas adalah suatu sifat menunda-nunda pekerjaan penting dengan berbagai alasan. Jika kebiasaan malas ini terus dipelihara, sangat banyak dampak yang akan terjadi. Berikut sekilas tentang apa saja dampak yang akan ditimbulkan jika terus menerus memelihara kebiasaan malas.


1. Malas dalam Tugas

Kebanyakan dosen dari masing-masing mata kuliah selalu memberi tugas yang manfaatnya untuk latihan maupun sebagai nilai. Tugas biasanya dikumpulkan seminggu setelah pemberian tugas tersebut atau dengan kata lain dikumpulkan pada waktu mata kuliah minggu depan. Jika kebiasaan malas masih tertanam, maka tugas tersebut akan dikerjakan pada H-1 pengumpulan. Padahal waktu-waktu sebelumnya sangat banyak sekali waktu luang. Dampak yang nyata adalah merasa lelah karena tugas menumpuk. Renungkanlah berapa banyak waktu kita terbuang.

2. Malas dalam Pembuatan Laporan Praktikum

Laporan disini dikhususkan pada laporan praktikum. Terkadang ditemui dalam 1 minggu terdapat 4 sampai 5 praktikum, yang kebanyakan dari praktikum tersebut bersifat "tulis tangan". Bisa dibayangkan begitu lelahnya jika laporan-laporan tersebut harus diselesaikan dalam beberapa malam saja yang seharusnya dapat diselesaikan selama seminggu. dan akhirnya kembali lagi renungkanlah berapa banyak waktu kita terbuang.

3. Malas dalam Pembuatan Laporan PKL maupun Skripsi

Disini kita hanya membahas PKL, karena admin baru semester 6 dan belum bertemu dengan Skripsi. lol. Waktu dalam PKL (Praktek Kerja Lapangan) sendiri adalah miniman 2 bulan. Dan Penyusunan laporannya sendiri diberikan waktu sekitar satu semester. Satu semester terdiri dari 6 bulan sekitar 180 hari / 4320 jam / 259200 menit. Tetapi jika sifat malas sudah menguasai, waktu yang begitu banyak tersebut akan hilang dan tak akan terasa lamanya. Bayangkan, hanya menyisihkan beberapa jam saja dalam sehari, memungkinkan laporan pkl akan selesai tepat waktu. Renungkanlah berapa banyak waktu kita terbuang.

4. Malas dalam perkuliahan

Yang dimaksudkan dalam point yang ini adalah malas ketika harus menulis maupun mencatat materi, saat mencatat materi sudah terasa melelahkan dan merepotkan, ujung-ujungnya sifat malas pun keluar, dan kalau sudah malas, catetan pun kosong tanpa materi. Dan ujung-ujungnya setiap mau kuis, uts maupun uas selalu ribet mencari materi untuk diphotocopy. Padahal jika kita mencatat tak akan perlu repot-repot mencari materi-materi lagi dan pastinya kita akan mengerti materi tersebut karena mencatat adalah sebagaian dari pembelajaran. Renungkanlah berapa banyak waktu kita terbuang.

Demikian cukup empat saja Berbagai macam Kemalasan yang ada, jika terlalu banyak maka akan kekenyangan, sudahilah sebelum kenyang... #melenceng. Sebenarnya penulis pun juga mempunyai sifat-sifat malas di atas, bahkan tulisan ini ada karena penulis sadar akan kekurangan tersebut. Kalimat terakhir dari penulis adalah "Segeralah Sadar Sebelum Semuanya Hilang".

Mohon maaf apanbila terdapat salah kata dalam penyampaian.

Sumber : Pengalaman Pribadi



.


Reaksi:

2 komentar:

  1. hehehe.. ngena banget nih artikelnya,
    budayakan disiplin.. :)

    BalasHapus
  2. betuuul sekali hal tersebut diatas bikin malas,,, tapi klo kita ngikutin rasa malas itu bisa2 jadi MA donnk....(mahasiswa maleees) hehe,, buang rasa malas dari sekarang caayo.....

    BalasHapus

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online