Minggu, 01 September 2013

Buah Jatuh Tak Jauh Dari Pohonya

sumber gambar : http://www.harvesttotable.com/2009/07/how_to_grow_apples/apple-tree-with-fruit-2/

"Buah Jatuh Tak Jauh Dari Pohonya" Seperti itu lah pepatah yang mengibaratkan bahwa sifat anak dan orang tua tidak akan jauh berbeda. Pada kesempatan kali ini, pojokers akan sedikit cerita menurut pendapat dan pengalaman pribadi tentang  kenapa sifat anak tak jauh berbeda dengan orang tua, walaupun ini hanya pendapat satu pihak, semoga dapat bermanfaat…hehehe #damai.
Banyak hal yang mempengaruhi kenapa sifat anak tidak jauh berbeda dengan orang tua, tetapi disini akan dibahas 2 hal yang mempengaruhi kenapa sifat anak tidak jauh berbeda dengan orang tua, berikut pendapat tentang hal tersebut.


Emosional
Emosional seorang anak terbentuk dari bagaimana cara orang tua memperlakukannya dimasa kecil, jika semasa kecil anak tersebut sering mendapati orang tua yang marah-marah, menghujat, hingga memukul. Maka jangan heran jika anak tersebut merekam memori tersebut dan akan menyimpannya bahkan menjadikannya sifat dikelak kemudian hari. Yang bahkan sewaktu-waktu dapat berbalik ke kita sebagai orang tua. Mendidik anak dengan disiplin sangatlah baik, tapi selalu ingat batasan-batasanya. (Semua tergantung bagaimana si anak memilah-milah bagaimana yang baik dan bagaimana yang salah).

Gaya Hidup
Jika orang tua pada waktu mendidik anak terlalu banyak mengahamburkan uang hanya untuk kebutuhan yang kurang penting, dengan otomatis anak akan berpikir bahwa memang hal tersebut yang baik dan patut dicontoh dari orang tuanya, padahal hal tersebut merupakan hal yang kurang tepat. Semua harus pada porsi yang tepat. Begitu pula sebaliknya. (Semua tergantung bagaimana si anak memilah-milah bagaimana yang baik dan bagaimana yang salah).


Jadi, bila waktu menjadi orang tua sudah tiba, bersiaplah memilih hal yang bijak untuk mendidik putra/putri yang baru lahir, karena apa yang kita tanamkan, akan kita petik pula.

Sumber : Pengalaman Pribadi


.
Reaksi:

1 komentar:

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online