Sabtu, 19 Oktober 2013

Sesuatu di Semarang

sumber gambar : http://www.indovisionesia.com
Untuk tulisan kali ini akan membahas sedikit sesuatu-sesuatu yang ada di semarang, sesuatu disini dapat berupa tempat, fenomena, maupun hal lainnya. Kenapa saya membahas ini, jawabannya adalah karena saya seorang pendatang yang dulunya sangat "buta" tentang seluk beluk Kota Semarang. Oleh karena itu saya sangat tertarik membuat tulisan ini. (Serasa tulisan formal) :D oke langsung saja. Ada beberapa yang akan dibahas disini. Berikut penjelasannya. (Mohon maaf apabila ada yang kurang karena ini memang pengalaman pribadi)


1. Lawang Sewu
sumber gambar : http://www.skyscrapercity.com
Lawang Sewu adalah sebuah gedung yang terletak dekat dengan Tugu Muda, dulu (katanya) gedung ini merupakan sebuah kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia karena memang pada halaman depan terdapat sebuah lokomotif yang terwat dengan baik. Gedung yang sekarang menjadi museum ini kian ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari-hari libur. Lokasinya terletak di bundaran Tugu Muda Semarang.

2. Tugu Muda

sumber gambar : http://tujuanpariwisata.com
Tugu muda terletak di jalan Pandanaran dan jalan Pemuda, kenapa 2? Karena jika kita berangkat dari jalan pemuda maupun jalan pandanaran kita akan sampai di monumen tersebut. Monumen yang berbentuk seperti lilin ini (katanya) mengandung makna semangat juang para pejuang Republik Indonesia pada masa penjajahan. Di sekeliling Tugu Muda dibangun sebuah taman serta air mancur yang tidak kalah ramai pengunjungnya dengan bangunan Lawang Sewu yang terletak berseberangan.

3. Oleh-oleh dari Semarang

sumber gambar : http://www.wego.co.id
Ada bebarapa oleh-oleh berupa camilan makanan yang (biasanya) dibawa untuk oleh-oleh #pengalaman pulang kampung. Beberapa oleh-oleh dapat diperoleh dengan mudah di kota yang satu ini. Berikut beberapa referensi.

- Wingko Babat


Makanan yang terbuat dari kelapa ini sangat wajib dibawa untuk oleh-oleh jika sedang pulang kampung, rasanya yang khas dan terdapat beberapa variasi rasa.


- Bandeng Presto


Bandeng presto, walaupun banyak daerah yang mempunyai bandeng presto juga, tapi sangat dianjurkan mencoba oleh-oleh bandeng presto Semarang. Biasanya bandeng presto dikemas berdasarkan ukuran.


- Tahu Bakso


Tahu bakso adalah sebuah tahu yang diisi dengan bakso, oleh-oleh ini sangat mudah ditemukan di daerah sekitar ungaran Semarang Atas , tapi jika ingin mencari di sekitaran Semarang Bawah, juga dapat ditemukan.


- Lumpia


Yang terakhir adalah makanan yang sangat melekat dengan Semarang. Lumpia dapat dengan mudah ditemukan di setiap penjuru Semarang.


4. Semarang Atas dan Semarang Bawah

sumber gambar : http://dugderan.com
"Kok ada Semarang Atas dan Semarang Bawah?" Saya juga kurang tahu alasannya, pusat perekonomian Semarang terletak di Semarang Bawah. Semarang Atas terletak mendekati gunung Ungaran dan penghubung dengan Magelang, Solo, serta kabupaten-kabupaten lainnya. Sedangkan Semarang Bawah lokasinya terletak di dataran rendah Semarang.

5. Pantai

sumber gambar : http://id.wikipedia.org
Sepengetahuan saya terdapat 3 pantai di Semarang karena memang pernah berkunjung ke pantai-pantai tersebut. (Mohon maaf apabila terdapat pantai yang tidak saya ketahui).

- Pantai Maroon


Pantai ini terletak di ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani, jalan untuk mengakses ke pantai maroon cukup jauh dan terjal, itu dulu. Kalau sekarang mungkin sudah dibangun (Mungkin). Dari sepengetahuan saya terdapat 2 jalan akses, yang pertama melewati gerbang masuk bandara dan yang kedua melalui kawasan perumahan (enggak tahu namanya :D)


- Pantai Tirang


Pantai Tirang letaknya bersebalahan dengan pantai Maroon dan dibatasi dengan kanal.


- Pantai Marina


Yang terakhir adalah pantai Marina, pantai yang satu ini sangat sering dikunjungi wisatawan karena letaknya yang strategis dapat diakses dari jalur pantura. Namun pantai Marina memiliki ujung pantai yang curam dan berbatu.


6. Simpang Lima Semarang

sumber gambar : http://id.wikipedia.org
Sebuah kawasan persimpangan yang terletak di tengah pusat perekonomian semarang. Ditengah kawasan ini dibangun area olahraga dan dikelilingi setapak untuk olahraga jalan-jalan kecil. Serta terdapat beberapa penyewaan seperti penyewaan sepatu roda, sepeda lampu, dan lain sebagainya.

7. Kebun Binatang Semarang (BonBin Semarang)

sumber gambar : http://seputarsemarang.com
Taman margasatwa ini terletak di daerah Mangkang tepatnya di jalan Walisongo. Kebun Binatang ini (katanya) memiliki luas hampir 9 hektar. Dan selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari-hari libur.


sumber : pengalaman pribadi
.




Reaksi:

2 komentar:

  1. Terimakasih untuk info yang kerennya gan. Semoga bermanfaat untuk pembaca...

    BalasHapus

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online