Jumat, 20 Juni 2014

7 Alasan Mahasiswa Bertanya pada Seminar Tugas Akhir (Skripsi)

sumber gambar : http://www.free-power-point-templates.com/articles/presentation-software/

Selamat pagi, siang, sore, malam. Pada kesempatan kali ini pojokers akan membahas tentang 7 Alasan Mahasiswa Bertanya pada Seminar Tugas Akhir (Skripsi). Berhubung admin pojokers kuliah di jurusan Statistika Universitas Diponegoro, maka hanya akan membahas ruang lingkup tersebut.

Di Jurusan Statistika Undip sebelum sidang skripsi terdapat pemaparan proposal tugas akhir yang populer dengan nama "Seminar Tugas Akhir" atau disingkat Seminar TA, atau SemPro atau yang lain sebagainya. Biasanya musim-musim padat Seminar TA berlangsung antara bulan januari sampai agustus dimana untuk mengejar periode wisuda di bulan-bulan tertentu.


Seminar TA ini pesertanya yaitu dari angkatan muda ataupun teman seangkatan. Dan bagian menegangkannya adalah pada sesi tanya jawab, biasanya dosen pembimbing akan membuka beberapa sesi pertanyaan untuk peserta yang akan dilontarkan untuk pemateri Seminar TA. Dari sekian banyak pertanyaan, ada beberapa kemungkinan kenapa si penanya menanyakan hal tersebut, berikut ulasannya.

1. Belum Tahu Materi Sama Sekali


sumber gambar : andertoons.com

Biasanya alasan seperti ini terjadi pada peserta seminar angkatan muda 2 tahun dibawah angkatan pemateri. Tipe penanya yang seperti itu biasanya memang belum mengerti materi sama sekali dan penasaran dengan materi yang dibawakan peserta. Biasanya pertanyaan-pertanyaannya cenderung ke dasar dari materi.

2. Ingin Menggunakan Materi Tersebut


sumber gambar : andertoons.com

Untuk point kedua biasanya untuk tipe penanya angkatan muda 1 tahun dibawah angkatan pemateri yang setahun lagi akan mulai Skripsi. Pertanyaan-pertanyaan dari tipe yang ini biasanya sudah mulai menjerumus dan menguak materi yang disampaikan. Bisa dikatakan lebih kompleks.

3. Menambah Wawasan dan Info tentang Materi tersebut


sumber gambar : andertoons.com

Tetapi ada juga peserta seminar yang niatnya hanya ingin menambah wawasan dan pengetahuan tentang meteri tersebut, untuk tipe seperti ini biasanya dari penanya angkatan muda 1 tahun dibawah dan juga teman seangkatan pemateri.

4. Menunjukan Kepada Teman-temannya


sumber gambar : andertoons.com

Untuk yang ini cukup mengkhawatirkan, karena penanya hanya berniat pamer dan cari muka kepada teman-temannya bahwa dia bisa dan menguasai materi tersebut. Point ini penanya bisa saja dari angkatan muda maupun seangkatan.

5. Menunjukan Kepada Kepada Dosen


sumber gambar : andertoons.com

Dan yang paling mengkhawatirkan adalah ketika penanya hanya berniat untuk pamer kepada dosen, cari muka, cari gengsi, cari perhatian, dan lain sebagainya. Point ini penanya bisa saja dari angkatan muda maupun seangkatan.

6. Hanya Sebatas Menguji


sumber gambar : andertoons.com

Untuk point 6 ini bisa dikatakan baik, bisa dikatakan buruk. Baiknya karena mungkin saja dengan cara seperti itu dapat melatih pemateri untuk lebih giat belajar guna mempersiapkan Sidang Skripsi di kemudian hari. Buruknya karena mungkin saja pemateri yang kurang memahami sehingga akhirnya jadi PR tersendiri bagi pemateri dan malah menjadi faktor penghambat Tugas Akhir. Point ini juga bisa terjadi untuk penanya dari angkatan muda maupun seangkatan.

7. Menegaskan Suatu Hal  


sumber gambar : andertoons.com

Untuk alasan yang terakhir biasanya penanya memberikan pertanyaan dan apabila penanya merasa kesulitan, maka akan dijawab oleh penanya itu sendiri guna untuk menegaskan suatu hal tentang materi yang dibahas. Pada point ini mungkin saja bisa menjadi hal yang berguna, karena pemateri akan membuka lagi pokok-pokok yang dibahas pada seminarnya guna untuk persiapan Sidang Skripsi.

---

Jadi, termasuk yang manakah anda???

Pada kesimpulannya, sebenarnya semua pertanyaan yang dilontarkan saat seminar itu adalah baik, baik untuk mental kita maupun materi kita guna persiapan Sidang Skripsi.

Jika Sidang yang dihadapi adalah 5 dosen, tetapi kalau seminar hanya 20 peserta dan 2 dosen. Jumlah 20 peserta dan 2 dosen masih kurang banyak jika dibandingkan dengan 5 dosen saat sidang Skripsi. Jadi jangan ragu dan takut untuk mengahdapi pertanyaan-pertanyaan.

---

Pembahasan diatas adalah sebagaian dari cerita yang biasanya mudah kita temui dikehidupan nyata. Intinya hanya satu... Keep Nyengir...!


Reaksi:

2 komentar:

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online