Rabu, 02 November 2016

Fl Studio, Add Channel, Routing dan Mixer + Video Tutorial Simpel EDM : Dasar-dasar memulai Fl Studio, berkreasi, membuat musik dan menjadikannya nyata (Part 2)




Pada artikel sebelumnya (Part 1) telah dijelaskan apa itu VST dan VSTi. Oleh karena itu pada artikel ini akan dikupas tentang memulai Fl Studio, add Channel, Routing dan pengenalan Mixer dan praktek membuat lagu genre EDM sederhana. Dan disertakan video turorial membuat EDM simpel di bagian akhir artikel. Untuk penjelasan kali ini digunakan Fl Studio 12 dengan menggunakan notebook spesifikasi Intel Celeron RAM 2 GB. Untuk tahap praktek akan dijelaskan dengan video sederhana. Penjelasan dan tahapan-tahapannya akan dijelaskan sebagai berikut:

Tampilan Awal Fl Studio


Jika template Fl Studio masih merupakan template default sebagaiknya diganti dengan cara:
Klik File New from Template – Empty


Menambahkan Channel baru. Pada tahap ini akan diambil contoh 4 Channel VSTi yaitu Drummax sebagai drum, BooBass sebagai bass, Sytrus sebagai rhytm / string dan PoiZone sebagai melody / synth.
Klik Add – Channel – Pilih dan klik Drummax. Ulangi tahapan ini dengan memilih Channel BooBass, Sytrus, Poizone









Selanjutnya adalah tahapan Routing. Tahapan Routing adalah tahapan dalam menghubungkan Channel ke Mixer. Perlu diketahui bahwa jika komposer tidak melakukan Routing maka semua Channel akan terhubung pada slot Master yang artinya semua suara akan berkumpul menjadi satu.


Agar memudahkan tahap selanjutnya, Channel Sampler dihapus


Berikut tahapan-tahapan Routing.
Pada masing-masing Channel mempunyai keterangan slot pada kotak sebelah kiri. Ubah keterangan menjadi 1, 2, 3, 4. Hal ini berarti bahwa Drummax dihubungkan pada slot 1, BooBass dihubungkan pada slot 2, Sytrus dihubungkan pada slot 4, PoiZone dihubungkan pada slot 4.


Setelah itu klik ikon Mixer.



Setelah tahapan Routing selesai, selanjutnya tahapan membuat pola atau bahasa ‘ngebatik’.
Untuk tahapan ‘ngebatik’ beserta tahapan-tahapan selanjutnya dijelaskan pada video berikut:


Tutorial dan video di atas belum memasuki tahap Mixing maupun Mastering. Untuk tahap Mixing dan Mastering akan dijelaskan pada part selanjutnya. Demikian penjelasan tentang Fl Studio, Add Channel, Routing dan Mixer + Video Tutorial Simpel EDM : Dasar-dasar memulai Fl Studio, berkreasi, membuat musik dan menjadikannya nyata (Part 2). Semoga dapat bermanfaat dan apabila terdapat sanggahan, kritik, saran atau pertanyaan bisa langsung mengisi kotak komentar
  
Penulis             : Dani Al Mahkya
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online