Selasa, 01 November 2016

Fl Studio : Dasar-dasar memulai Fl Studio, berkreasi, membuat musik dan menjadikannya nyata (Part 1)




Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan apa itu Fl Studio, pada artikel ini akan dijelakan dasar-dasar memulai sebuah karya menggunakn Fl Studio. Sebelum memulai Fl Studio, seseorang Komposer harus tahu konsep musik yang akan buat, apakah genre EDM (Electronic Dance Music), Pop atau Metal. Dalam membuat sebuah kreasi musik menggunakan DAW (Digital Audio Workstation) yang dalam hal ini menggunakan Fl Studio, komposer harus mengetahui VSTi dan VST yang akan digunakan.


VST adalah singkatan dari Virtual Studio Technology yang fungsinya memproses suara yang berasal dari perangkat instrumen seperti gitar, bass, drum dan lain sebagainya. Terdapat ratusan atau mungkin ribuan VST baik yang berbayar maupun gratis. Salah satu fungsi nyata VST adalah memproses suara yang dihasilkan instrumen, misal VST Ampli gitar yang membuat suara gitar berdistrosi atau VST Equalizer yang memproses kontur suara dan lain sebagainya. Khusus pada Fl Studio sudah disediakan bermacam-macam VST dengan berbagai fungsi.

Contoh VST yang terdapat pada Fl Studio


Contoh VST lainnya


VSTi adalah singkatan dari Virtual Studio Teknologi Instrument yang berfungsi menghasilkan suara yang mirip dengan instrument nyata seperti contoh VSTi gitar, bass, drum, key dan berbagai jenis synth. Misal VSTi drum, maka VSTi tersebut akan menghasilkan suara drum dengan berbagai variasinya. Atau VSTi gitar yang menghasilkan suara gitar yang mirip dengan suara aslinya.

Contoh VSTi yang terdapat pada Fl Studio


Pertanyaan : Kenapa harus pakai VSTi sedangkan sudah ada instrumen asli?
Jawaban :
1. Dengan menggunakan VSTi seorang komposer dapat mengkreasikan pattern atau pola sebelum masuk tahap recording. Sebagai contoh VSTi drum yang digunakan dalam mengarang sebuah lagu. Akan sangat membantu ketika seseorang menciptakan lagu dengan gitar bolong dan disertai dengan pola drum yang berasal dari VSTi, yang notabennya dapat dijalankan melalui PC atau perangkat lainnya tanpa harus ke studio musik untuk menyewa drum set.

2. VSTi dapat mengurangi noise yang berlebihan. Sebagai contoh VSTi gitar, ketika melakukan take / recording instrumen gitar sering sekali seorang komposer mendapatkan noise yang berlebih. Hal ini dapat ditanggulangi dengan menggunakan VSTi yang akan menghasilkan suara lebih bersih. Namun VSTi juga tidak selamanya sempurna, terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan.

Pertanyaan : Apa kelemahan dan kekurangan VSTi?
Jawaban :
1. Suara yang dihasilkan dengan VSTi, terutama VSTi gitar, bass, drum dan lainnya kadang sangat tidak natural atau alami dan bahkan cenderung seperti robot. Sebaik apa pun VSTi, tetap saja lebih alami ketika melakukan take / recording dengan instrument

2. Bagi yang menggunakan PC atau perangkat dengan spesifikasi menengah kebawah, penggunaan VSTi terlalu banyak dapat menyebabkan penggunaan memory yang berlebih dan cenderung membuat pengolohan musik kurang maksimal.

Demikian artikel Fl Studio : Dasar-dasar memulai Fl Studio, berkreasi, membuat musik dan menjadikannya nyata (Part 1). Untuk part selanjutnya akan dibahas secara jelas beserta tutorial dalam mengolah musik. Semoga dapat bermanfaat dan apabila terdapat sanggahan, kritik, saran atau pertanyaan bisa langsung mengisi kotak komentar

Penulis             : Dani Al Mahkya
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online