Selasa, 01 November 2016

Time Series Plot : Tahapan-tahapan membuat plot data deret waktu



Dalam menganalisis data deret waktu, sangat dibutuhkan tahap identifikasi. Dengan mengidentifikasi data deret waktu, peneliti dapat mengetahui karakteristik dari data musiman. Salah satu hal mendasar dalam tahap identifikasi adalah melakukan pengecekan pola. Apakah pola data yang dihasilkan membentuk pola stasioner, tren, musiman, atau siklik. Wei (2006) dalam bukunya memberikan beberapa contoh pola data deret waktu sebagai berikut:



Dalam melakukan pengecekan pola terdapat tahapan-tahapan sebagi berikut:

Tampilan awal software MINITAB
Minitab yang digunakan pada artikel adalah MINITAB 16


Menggunakan data contoh dari MINITAB
MINITAB telah menyediakan banyak sekali contoh data untuk proses pembelajaran. Oleh karena itu pada artikel ini kita akan menggunakan data contoh dari MINITAB dengan tahapan sebagai berikut:
-          Klik FileOpen Worksheet
-          Klik Look in Minitab Sample Data Folder
-          Pilih dan buka file dengan nama Employ.mtw
-          Klik OK





Menampilkan plot deret waktu dengan tahapan sebagai berikut:
-          Klik StatTime SeriesTime Series Plot. Maka akan keluar kotak dialog dengan 4 pilihan plot. Simple adalah bentuk plot yang terdiri dari 1 data deret waktu. With Groups adalah bentuk plot yang terdiri dari 1 data deret waktu yang terbagi menjadi beberapa grup. Multiple adalah bentuk plot yang terdiri dari 2 data deret waktu atau lebih. Dan Multiple with Groups adalah bentuk plot yang terdiri dari 2 data deret waktu atau lebih dan mempunyai grup. Pada artikel ini digunakan contoh pilihan Simple.
-          Sebagai contoh akan dibuat pola dengan data deret waktu variabel Food. Masukan variabel Food kedalam kotak dialog Series.
-          Klik Time/Scale – Pilih Calendar – Pilih Month Year. Pada kotak Month dan Year misal data deret waktu mulai dari bulan januari 2007, maka isikan kotak Month dengan angka 1 dan kotak Year dengan angka 2007. Klik OK.
-          Selain pilihan Time/Scale terdapat beberapa pilihan lain antara lain Labels, Data View, Multiplr Graphs, dan Data Option. Peneliti dapat melakukan eksperimen dengan mencoba-coba memilih pilihan yang tersedia agar plot deret waktu dapat ditampilkan dengan jelas.
-          Klik OK.







Setelah itu akan muncul hasil plot deret waktu. Setelah dilihat dengan sekilas terdapat pola musiman pada bulan Juli. Oleh karena itu akan dibuat garis yang sesuai untuk memastikannya.
-          Klik kanan pada plot – Pilih Add – Pilih Reference Line. Setelah itu isikan pada kotak Show refrence lines at time scale positions dengan nilai 7 19 31 43 55 seperti pada gambar dibawah.
-          Setelah itu akan muncul hasil akhir. Dari hasil tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa terjadi kesamaan pola tiap tahunnya pada bulan juli. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa variabel Food pada data Employ.mtw mempunyai pola musiman dengan panjang musiman 12.





Penulis             : Dani Al Mahkya
Sumber Buku :
Wei, W. W. S. (2006). Time Series Analysis Univariate and Multivariate Method. Second Edition. New York: Pearson Education.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online