Senin, 30 Juni 2014

Tutorial Merubah (.blogspot) ke (.com)


Sebagaian besar orang mungkin sangat menginginkan domain pribadi, walaupun hanya sekedar punya ataupun memang tujuannya untuk usaha, seperti toko-toko online contohnya. Ada beberapa alasan yang memungkinkan seseorang tetap bertahan pada domain bawaan seperti blogger, wordpress dan lainnya. Diantara alasan tersebut ada yang beralasan karena susah konfigurasi, tidak telaten merawat, ataupun yang lainnya.


Tetapi kalau niatnya untuk mendapatkan banyak pengunjung atau supaya mudah terindex google, mempunyai domain sendiri adalah solusinya, seperti domain .com .org .net dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, pojokers akan membahas sedikit tentang tahapan atau langkah-langkah merubah domain .blogspot ke .com.

1. Mencari Penyedia Jasa Domain dan Hosting

Langkah pertama adalah mencari salah satu penyedia jasa domain maupun hosting, sebagai contoh adalah idwebhost.com.

2. Mengecek Ketersediaan

Masukan nama domain yang diinginkan, jika tersedia langsung klik beli domain.


3. Pengisian Form

Setelah itu maka akan muncul form, lengkapi form kemudia klik checkout, selanjutnya buka emain dan cek ketentuan bayar.



4. Transfer Biaya Pembelian

Dari email yang diterima maka akan diberitahukan nomor rekening untuk pembayaran dan informasi lainnya.

5. Konfirmasi

Setelah selesai pembayaran, maka akan dapat email/sms dari CS tentang informasi pembayaran, kalaupun tidak ada dapat dengan mengunjungi menu konfirmasi pembayaran yang sudah tercantum pada isi langkah 4.

6. Pengaturan Blog

Selanjutnya menuju pengaturan blog, klik menu setting > add custom domain > masukan nama domain yang sudah dipesan. Jika diklik save, pasti error. Itu dikarenakan antara blogger dan nama domain kita belum nyatu. Setelah itu akan muncul kode error seperti www.....blablabla.....dll. Simpan kode error tersebut.

7. Masuk CPanel

Selanjutnya masuk ke CPanel http://idwebhost.com/Hosting_Login. Kemudian login.



8. Setting CPanel

Pilih menu kelola > klik kelola domain > Name Server. Update name server untuk masing-masing kolom seperti gambar dibawah. Setelah itu Close.

Selanjutnya klik Manage DNS > klik A Records. Tambahkan A Record dengan 4 Destination IP seperti pada gambar dibawah. Setelah itu Close

Selanjutnya klik Manage DNS > klik CName Record. Tambahkan CName Record dengan kode error blogger pada langkah 6.

9. Kembali Ke Blogger

Setelah itu kembali ke blogger dan lakukan langkah 6 sambil menunggu sampai tidak error. Jika masih error berarti proses sinkronisasi masih berjalan. Intinya adalah sabar.

10. Sukses

Setelah tidak ada peringatan error, itu tandanya domain baru siap digunakan. Setelah itu semua link yang merujuk ke nama domain lama akan langsung diarahkan ke nama domain yang baru.

Demikian penjelasan singkat tentang merubah nama domain. Mohon maaf apabila dalam penyampaian terdapat salah-salah kata dan kurang jelas. Jika Masih Bingung, jangan sungkan untuk bertanya.
Salam Nyengir...


.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Jika Terdapat Komentar yang Tidak Terbalas
Karena Admin Tidak Selalu Online